26 Sep 2015

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

ARTI  PENTINGNYA ORGANISASI   DAN METODE



1.   PENGERTIAN ORGANISASI  DAN  METODE

Sebelum menguraikan pengertian organisasdan metode secara lengkapterlebih dahulu  akan  ditinjau  secara  sekilas  arti   dari  kata  organisasi   dan  metode.

Istilah   organisas dapat   ~iartikan   sebaga :
Wadasekelompok   manusi untuk  saling  bekerj sarna
Proses            pengelompokan    manusia   dalam   suat kerja  sama  yang  efisien

Sedangkan    istila metod tersebut   berarti   suat tata   kerja  yan dapat   mencapai tujuan  secara  efisien.

Pengertian   organisasi    dan  metode  secara  lengkap   adalah
Rangkaian    prose kegiatan   yang   haru dilakukan   untuk   meningkatkan    kegunaan segala  sumber  dan faktor 'yang  menentukan   bagi  berhasilnya   proses  manajeme terutama dengan  memperhatikan   fungsi  dan dinamika  organisasi  atau birokrasi  dalarn  rangka  men­ capai  tujuan  yang  sah  ditetapkan.





1

Dari  pengertian   tersebut  terkandung   beberapa   maksud  yaitu  :
a.     Organisasi  dan metode  merupakan  kunci  atau syarat  pelaksanaan  kerja  yang setepat­
tepatnya
b.    Organisas dan  metode  penting  bagi  kegiatan   manajemen
c.    Organisasi  dan metode  dapat memanfaatkan   sumber­sumber    dan waktu yang tersedia d.     Organisasi  dan metode  berguna  dalam  meningkatka efisiensi  kerja  untuk  mencapai
tujuan

Dari  uraian  di atas  terlibat  jelas  betapa  eratnya  hubungan   antara  manajemen,    orga­ nisasi    dan  metode,   bahkan   sepertiny dapat   dikatakan   bahwa   organisas dan  metode merupakan   salah   satu  bidang  pengkhususan     dari  manajemen.

Manajemen  pada hakekatnya  merupakan  proses kegiatan  seoranpimpinan  (manajer) yang harus dilakukan  dengan  mempergunakan   cara­cara  pemikiran  yang rasional   maupun praktis  untuk  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapka melalui  kerja  sama  dengan  orang lain  sebagai  sumber  tenaga kerja tanpa mengabaikan  sumber­surnber   yang  lain  dan waktu yang  tersedia  dengan  cara  yang  setepat­tepatnya.

Kegiatan  manajeme :
a.      Plannin (perencanaan)
Merupakan   proses  kegiatan  pemikiran,   dugaan  dan  penentuan   prioritas­prioritas yang  harus  dilakukan   secara  rasional  sebelum  melaksanakan   tindakan  yang  se­ benarnya
Merupakan  kegiatan  non  fisik  (kejiwaan)   sebelum melaksanakan   kegiatan fisik
Sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan  sasaran organisasi serta tujuan suatu  program pembangunan



b.    Organizing (pengorganisasian)
Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit­unikerja dan fungsi­fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi­ fungsi tersebut secara tepat
Dilakukan demi perencanaan,  pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat Harns diperhatikan dalam penempatan orang (staffing) dilakukan secara obyetif

c. Motivating (pendorongan)
Merupakan proses kegiatan yang hams  dilakukan untuk membina dan  me
dorong semangat  dan kerelaan kerja para pegawai
Mencakup segi­segi perangsang baik yang bersifat rohaniab seperti kenaikan pangkat, pendidik.an dan pengembangan karier, pemberian cuti  dan sebagainy maupun  yang  bersifat jasmaniah   seperti  sistem  upah  yang  menggairahkan, pemberian tunjangan,  penyediaan fasiliatas yang lengkap dan sebagainya


2

d.    Controlling    (pengendalian)
Merupakan   rangkaian  kegiatan  yang  harus  dilakukan   untuk  mengadakan   penga­ wasan penyempurnaan    dan  penilaian   sehingga   dapat  mencapai   tujuan   seperti yang  direncanakan
Sangat  penting  untuk  mengetahui   sampai  di mana  pekerjaan   sudah  dilaksanakan Dapat  dilakukan  evaluasi.ipenentuan     tindakan  korektif  ataupun  tindak  lanjut,  se­ bingga  pengembangan    dapat  ditingkatkan   pelaksanaannya

Keempat  kegiatan   manajeme tersebut  tidak  dapat  terlaksan tanpa  adanya  sumber­ sumber  ataupun  sarana  yang  harus  didayagunakan     secar tepat.   Sumbesumber     yang dimaksud     disebut  6 M  (The  six  M's   in managemen istilah  George  R Terry)  yaitu:
a.      Manusia    atau  tenag kerja  (manpower)
b.    Uang  atau  dana  (money)
c.      Bahan­bahan   atau  material   (materials)
d.    Mesin  dan  peralatan   (machine and  equipment)
e.      Tata  kerja  atau  (methods)
f.     Pasar (market)



2.     MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Dari uraian di atas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pen­ capaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung penger­ tian adanya hubungan tirnbal balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan di  pihak lain.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perldibentuk suatu organisasi yang pada  pokoknya secara  fungsional  dapat  diartikan  sebagai  sekelompok  manusia  yang dipersatukan dalam suatu kerja sarna yang efisien untuk tnencapai tujuan.  Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi  adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujua Jadi dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.



3.  MANAJEMEN DAN TATA KERJA

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber­sumber dan waktu yang  tersedia dan amat  diperlukan dapat  dimanfaatkan  dengan tepat  sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan denganTepat pula.

Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilrniah dan praktis,  di sarnping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :

/    3


T

a.     Menghindari   terjadinya   pemborosan    di  dalam  pendayagunaan    sumber­sumber    da waktu  yang  tersedia
b.     Menghindar kernacetan­kemacetan     dan  kesimpangsiuran    dalam  proses  pencapai tujuan
c.     Menjamin   adanya  pembagian   kerja,  waktu  dan  koordinas yang  tepat.


Jadi  hubungan   antara  manajemen   dan  tata  kerja  dapat  dilukiskan   seperti  di  bawah  ini
Manajemen   :             Menjelaskan   perluny ada  proses  kegiatan   dan  pendayagunaan    sumber sumber  serta  waktu  sebagai  faktofaktor   yandiperlukan   untuk  pelak sanaan  kegiatan   demi  tercapainya   tujuan
Tata  Kerja         Menjelaskan    bagaiman proses   kegiatan    itu  haru dilaksanakan     sesua dengan  sumber­sumber    dan  waktu  yang  tersedia.



4.   MANAJEMEN,    ORGANISASI   DAN  TATA KERJA

a.
Manajemen
proses kegiatan pencapaian  tujuan melalui kerja sama antar manusi
b.
Organisasi
alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokk

c.

Tata Kerja
kerja sama
pola cara­cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut haru dilaksanakan sehingga tujuan  tercapai secara efisien

 
Eratnya hubungan  atau hubungan  timbal  batik antara  ketiga  hal tersebut  adal sebagai berikut :










Dari konsep tersebut, jelaslah  bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerj ketiganya diarahkan ke pada tercapainya tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar